Cara Mendaftarkan aplikasi kita ke Android Market

gara – gara ada teman ada yang nannya ke gw bagaimana cara daftarin aplikasi android yang kita buat ke android market. setelah cari2 ada juga ternyata, terima kasih buat yang sudah memberitahu ijin share ya gan yang punya artikel ini. gw g pernah kepikiran gimana caranya, soalnya gw sendiri belum pernah buat aplikasi, masih tahap belajar2 hhe… belum berani juga buat aplikasi, baru dapat sedikit ilmu yang gw dapaten tentang coding android, selebihnya gw malah ngerti ke bagian devicenya secara teknis :D, y udh gw langsung kasih tahu aja deh ,Bagi yang sedang membuat aplikasi untuk android dan berencana untukmemasukkan aplikasi ke android market, berikut ada sedikit penjelasan dari kami.

Secara teknis mungkin rekan-rekan developer sudah paham mengenai proses meng-export aplikasi dan men-sign-in APK dengan private key kita. Ini akan menghasilkan sebuah file APK yang sudah siap untuk di install ke device android. Tetapi sebelum aplikasi tersebut dapat dipasarkan melalui android market ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu :

Pendaftaran

Untuk bisa meletakkan aplikasi di android market, kita perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Prasyaratnya mudah, kita perlu membuat sebuah account (biasanya akan di link dengan account gmail kita). Lalu perlu membayar biaya pendaftaran sebesar $25.00 untuk seumur hidup. Untuk itu kita perlu memiliki credit card (atau pinjam dengan orang tua / kakak / adik juga bisa)

Meng-upload File APK

Setelah selesai mendaftarkan diri, maka kita dapat mengunjungi halaman utama bagi para developer di android market web (https://market.android.com/publish/Home).  Disini kita dapat memilih upload application. Dan kita akan dibawa ke halaman untuk mendaftarkan aplikasi kita di android market.

Bagian paling pertama adalah bagian untuk mengupload file APK kita. Disini kita bisa memilih file APK yang telah kita siapkan , lalu tekan tombol upload, untuk meletakkan file tersebut ke server google. Mengupload file APK saja tidak cukup untuk mendaftarkan aplikasi kita di android market, ada beberapa hal lain yang perlu kita lengkapi yang akan saya jelaskan di bawah.

Screenshot

Kita perlu menyiapkan setidaknya 2 buah Screenshoot aplikasi kita. Ukurannya bisa 320 x 480, 480 x 800, 480 x 854 atau 1280 x 800. File 24 bit PNG atau JPEG (tanpa alpha) Full bleed, tanpa border. Caranya mudah, bisa pergunakan fitur screenshoot dari perspektif DDMS  di eclipse. Screen shoot ini akan dilihat oleh para pengguna aplikasi kamu di bagian overview dari android market wab maupun mobile.

High Resolution Icon

Icon ini sifatnya mandatory. Dengan ukuran 512 x 512 pixel, 32 bit PNG atau JPEG dan memiliki besar maksimum 1024 KB. Icon ini akan di tampilkan di android market web dan juga di android market mobile untuk device-device dengan resolution tinggi.

Promotional Graphic

Grafik ini sifatnya optional, dengan ukuran 180 x 120 pixel, 24 bit PNG atau JPEG (tanpa alpha) Full bleed, tanpa border. Grafik ini akan ditampilkan di android market mobile di masing-masing device.

Feature Graphic

Feature grafik juga bersifat optional.  Dengan ukuran 1024 x 500 pixel, 24 bit PNG atau JPEG (tanpa alpha) . Ada kemungkinan grafik ini akan di downsize ke mini atau micro. Feature graphic akan di pergunakan di header aplikasi kamu di android market web.

Promotional Video

Jika kamu memiliki promotional video untuk aplikasi kamu yang ada di You Tube. Maka kamu dapat meletakkan link video tersebut di bagian ini (optional).

Listing Detail

Bagian ini adalah bagian dimana kita menjelaskan mengenai aplikasi kita melalui kata-kata. Listing Detail terbagi menjadi beberapa bagian :

  • Title (Nama aplikasi kita di android market)
  • Description (Deskripsi mengenai aplikasi kita, kegunaan dan cara pemakaian)
  • Recent Changes (Perubahan yang terjadi di versi ini, biasanya saat melakukan upgrade kita meletakkan informasi fitur terbaru di bagian ini)
  • Promo Text
  • Application Type ( Apakah sifatnya aplikasi atau games)
  • Category (Pilihan category untuk aplikasi kita, penjelasan detil bisa dilihat di sini)

Contact Information

Disini kita bisa meletakkan informasi mengenai website, alamat email dan nomor telepon yang bisa di hubungi.

Setelah melengkapi informasi-informasi di atas dan menyetujui consent dari pihak google. Maka kita bisa mempublish aplikasi kita dengan menekan tombol publish yang terletak dibagian bawah halaman tersebut. Maka saat itu juga aplikasi kita bisa dilihat oleh kita di android market. Tanpa harus menanti proses verifikasi berhari-hari ataupun berminggu-minggu.

8 thoughts on “Cara Mendaftarkan aplikasi kita ke Android Market

    • ya,sama2 gan 😉
      kalau app store kemungkinan sama juga kyaknya gan
      ane kurang tau juga gan, soalnya ane g pernah pegang dan ngedevelop produk apple
      nnti ane coba tanya ke teman ane yg ngdevelop apple.

  1. Gan, saya pakai appgeyser untuk membuat file apk. Setelah saya upload ke android market ternyata APK nya utk mobile android. Disuruh buat file APK utk Tablet untuk di upload kembali.
    Dimana buat file APK Tablet spt appgeyser ?

Leave a comment