Ketika Mencoba Tidak Menggunakan Handphone

HOMEPAGEPICTURE

Jadi waktu itu gw iseng mencoba untuk tidak menggunakan gadget yaitu handphone selama beberapa jam, gw cuman ingin tahu aja ceritanya social experimen gtu :p bagaimana rasanya tidak menggunakan handphone selama beberapa jam di tempat umum duduk sendirian. Kalau orang yang  gak terbiasa dengan itu pasti akan merasa BT gak betah, ada sesuatu yang gak enak karena itu yang pertama gw rasakan.

Tahap awal ( sekitar 20 menitan )

perasaan mulai tidak enak, mulai merasa gak PD, mulai merasa ada sesuatu yang gak enak, karena biasanya ada benda yang bisa gw genggam dan touch – touch tapi ini gak ada. Gw pun tahan terus melanjutkan.

Tahap kedua ( sekitar 50 menit )

Gw merasa mulai gak betah selama menit berjalan menuju ke satu jam, mulai ingin pergi beranjak nemuin handphone gw dan langsung mulai ngecek2in notifikasi. Pikiran gw rasanya selalu tertuju ke notifikasi2 itu, ada apa ya, waduh nanti ada WA penting gmana, ada email masuk gmana, dan bla .. bla… segala urusan dunia online di pikirkan. Tapi gw tetap tahan mencoba minimal sampai satu jam.

Tahap Ketiga ( 1 Jam lebih )

Tahap akhir ini pun gw mulai terbiasa akhirnya, gw mulai bisa beradaptasi dengan sekitar, gw mulai mengamati apa yang ada di sekitar, mulai fokus pada kondisi di sekitar, rasa tidak percaya diri, BT, malu, dan segala – gala macam persaan jelek itu hilang. Gw pada akhirnya mulai terbiasa, gw gak mikirin dengan notif2. Gw malah memperhatikan sekitar gw dan melihat kenyataan yang buat cukup kaget karena ternyata banyak orang – orang yang lebih melihat layar ukuran 5 inch tersebut dari pada, ada temennya sedang mengajak ngobrol dia lebih melihat layar handphone tanpa menatap lawan bicaranya, ada yang makan sambil tetap liatin handphone, ada yang ngumpul tapi liat nya handphone sambil bermain game.

This is Real, inilah kenyataannya, kenapa banyak sekali kejahatan di jalan seperti pencopetan, perampasan, dan jenis – jenisnya itu sering terjadi di masa ini, yah karena mereka kehilangan fokus, meleng karena lebih memilih melihat handphone tanpa fokus atau melihat keadaan sekitarnya. Kewaspadaan pun menurun seiring orang tersebut melihat ke layar 5 inch tersebut. Itulah mengapa berkendara juga tidak boleh sambil menggunakan handphone dan gadget sejenisnya karena bisa menurunkan kewaspadaan dan fokus. I see sudah banyak contoh kejadiannya di berita – berita media. Well itu lah manusia mudah sekali terlena dan khilaf.

Leave a comment